Sep 10, 2016

high school memories

Disela lagi mengerjakan tugas kuliah, tiba-tiba gue jadi nostalgia ke masa SMA gue. Nostalgia tentang perasaan jatuh cinta yang gue alami sepanjang gue mengenyam pendidikan di SMA. Nggak, ini bukan tentang perasaan jatuh cinta gue ke seseorang tapi tentang jatuh cinta gue ke tari saman atau sekarang lebih dikenal dengan sebutan Ratoh Jaroe. Gue bisa bilang gue jatuh cinta ke tari saman itu karena gue memang pada saat itu berjuang dengan penuh semangat yang tinggi untuk bisa tampil sempurna dan yang selalu bikin gue semangat untuk sekolah, ya, si ekskul tari saman ini, ya walaupun dulu sewaktu gue masih menjadi junior di kelas 10 gue selalu takut untuk hadir latihan karena gue nggak berani ketemu dengan senior yang cukup galak pada waktu itu hahaha. Untuk jadi penari saman emang nggak main-main sih usahanya, biru-biru di paha itu udah jadi hal biasa buat gue, padahal awalnya juga kaget sih ngeliat paha jadi biru kayak luka lebam gitu tapi anehnya gue malah senang saat gue menemukan hal itu hahaha aneh, ya?
Belum lagi, gue harus latihan setiap hari rabu dan jumat dari pukul 15:30 sampai 18:00. Dari sekolah pun gue harus jalan sekitar 200-300 meter untuk nantinya naik angkutan umum dan menghadapi macetnya Jakarta disaat rush hour. Pusing deh pokoknya.

Nah, sekarang gue mau ceritain tentang pengalaman selama menjadi penari saman. Gue mulai menceburkan diri gue ke dunia tari saman ini saat duduk di bangku kelas 8 SMP, walau sebenernya dari kelas 7 udah penasaran dan kepingin banget untuk join ekskul tari saman tapi entahlah gue juga lupa kenapa waktu itu gue nggak langsung milih untuk join ekskul tari saman. Sampailah pada saat di akhir-akhir masa kelas 8 gue putusin untuk ikut ekskul tari saman, itu juga karena ikut-ikutan sih hehe. Kenapa gue cuma ikut-ikutan? karena pas nantinya gue naik ke kelas 9, pembagian kelasnya disesuaikan dengan jenis ekskul yang digeluti, kayak waktu itu kelas gue beranggotakan siswa-siswa dari ekskul tari saman, cheerleader, dan futsal (if i'm not mistaken). Sayangnya, karena gue gabung di ekskul saman ini saat udah di penghujung kelas 8, gue baru belajar gerakan tariannya baru sebagian aja dan belum pernah ikut lomba pula, saat di kelas 9 pun nggak pernah latihan lagi karena emang para siswa kelas 9 harus fokus belajar untuk hadapin Ujian Nasional.

Selepas SMP, alhamdulillah gue keterima di SMA yang ternyata punya ekskul tari saman, rasanya senang banget sih akhirnya gue bisa gabung lagi di ekskul tari saman. Saat SMA ini gue baru deh ngerasain gimana capeknya jadi penari saman, yang kalau habis latihan itu rasanya kayak habis lari sprint 800 meter, seriously. Sekitar akhir tahun 2011, tiba saatnya gue unjuk gigi dengan teman-teman gue di Festival Tari Saman di Anjungan Aceh, Taman Mini Indonesia Indah. Di hari perlombaan itu, gue dan teman gue lainnya sampai di lokasi sekitar pagi menjelang siang seinget gue karena jujur gue lupa pastinya hahaha dan ternyata tim gue tampil di urutan hampir-hampir akhir. Gue ngiranya mungkin giliran tim gue tampil itu di sore hari tapi ternyata......... sekitar di atas jam 8 malam. Di festival ini emang cukup banyak peserta yang ikut, pesertanya mulai dari tingkat SMA sampai perguruan tinggi se-Jabotabek, kebayang dong padatnya seperti apa? hahaha. Di lomba yang pertama kali gue jalani ini emang gue menyadari performance gue dan tim masih dibilang jauh dari sempurna, ya, itung-itung kumpulin jam terbang dulu sih. Inget banget gue deg-degan setengah mati pas sampe di stage-nya, rasanya mau lari turun dari stage deh pokoknya hahaha. Itu baru awalnya, gue cukup banyak mengikuti berbagai perlombaan, lagi-lagi untuk ngumpulin jam terbang, biar terbiasa, ya, walaupun memang butuh usaha yang begitu panjang untuk bisa jadi juara di perlombaan. Sampai pada akhirnya, tim dari sekolah gue bisa menjuarai perlombaan, rasanya senang sampai ke ubun-ubun deh! Lega rasanya setelah banyak mengorbankan materi, waktu, dan tenaga, akhirnya bisa lahir sebagai juara. Memang sih, yang lebih penting saat tampil itu adalah tampil dengan sempurna with no mistakes. Cuma, keberhasilan untuk menjadi juara itu bisa mempengaruhi rasa percaya diri di penampilan berikutnya. Well, rasa percaya diri yang berlebihan juga nggak bagus sih karena bisa buat diri kita jadi lupa diri dan takabur. Kalau yang gue rasakan sendiri, hal itu membantu banget untuk tingkatin rasa percaya diri yang gue miliki. Bentuk rasa percaya diri itu lebih ke, gue yakin kalau gue dan teman-teman gue itu layak untuk mendapatkan juara, jadinya kita emang sering banget latihan di luar jadwal ekskul, entah latihan di jam istirahat sekolah atau latihan setiap pulang sekolah. Hal itu juga yang bikin kita jadi dekat satu sama lain, pokoknya kayak udah jadi keluarga. Pelatih gue juga selalu menekankan untuk jangan merasa puas dulu karena itu baru awal dan ya, akhirnya gue dan teman gue lainnya bisa berkembang secara bertahap walaupun hasil yang kita raih masih belum ada apa-apanya dibanding tim-tim dari sekolah lain.

Banyak banget deh pengalaman-pengalaman yang nggak bisa gue lupain saat gue gabung di ekskul ini. Dari mulai, momen di mana kita bisa punya kostum tari saman sendiri dan nggak perlu pinjam ke sekolah lain, punya pelatih yang super kece yaitu kak Evi dan bang Dek Gam, selalu siap sedia dengan segambreng peniti, usaha maksimal waktu pasang kain songket, nervous bareng-bareng, took a photo with a stranger at PIM 2 and we dressed up with pajamas (???), tampil di acara sekolah dan bikin formasi angka 32 (all the time fav), dan yang paling gue nggak bisa lupain itu pertama kalinya gue dan teman-teman dapat job untuk tampil di sebuah acara yang digelar di salah satu hotel bintang 5 di Jakarta. Tapi sebenernya ada satu hal yang paling gue sayangkan, pada waktu itu gue belum pernah mendapat kesempatan untuk ikut meramaikan event tari Ratoh Jaroe massal. Ya, event itu digelar saat gue udah lulus dari SMA. Padahal tari saman massal itu impian gue sejak kecil, apalagi bisa sampai memecahkan rekor MURI, seperti yang waktu itu digelar di bulan April 2016, 6600 penari Ratoh Jaroe dari SMP dan SMA se-Jabodetabek tampil untuk merayakan HUT TMII ke-41.



Selain event di atas, kalian pasti masih ingat dong acara tari saman massal waktu perayaan 1 Abad Hari Kebangkitan Nasional di tahun 2008? Kebetulan gue pun nemu sedikit cuplikannya di sebuah channel di youtube. Let's check it out!



Gimana-gimana? jujur sebenernya event itu yang menjadi motivasi gue untuk nyemplung ke dunia tari saman. Kayaknya waktu nonton itu di televisi gue masih duduk di bangku kelas 6 SD dan gue merinding nontonnya sekaligus jadi penasaran.

Sayang banget gue nggak punya dokumentasi pribadi saat dulu gue perform di tiap festival saman, sebenernya ada sih tapi yang biasanya ngerekam itu teman gue dan gue belum sempat untuk minta dokumentasinya hehehe.

Aaaah.... pingin rasanya balik lagi ke masa itu, awal saat ngejalaninnya emang beban banget, capek lah, kesal lah, ini, itu, ya tapi ternyata semakin ditekunin juga ternyata asik banget. Orangtua pun juga mendukung dengan kegiatan gue geluti ini. Kalau menurut gue, cerita-cerita di atas itu emang pengalaman yang mahal banget, nggak ada yang bisa gantiin. Harta karun yang akan selalu gue syukurin dan cukup mustahil untuk bisa gue lupain hahaha sok dramatis gitu, ya.
Kalau kalian sendiri, apa sih harta karun yang pernah kalian temuin dan nggak akan pernah kalian lupakan?

No comments:

Post a Comment